Warung Pecel Mbok Kami

Warung makan ini adalah warung yang sangat sederhana, jauh dari kesan mewah. Sebuah warung makan terbuka dengan tempat duduk yang sebagian menggunakan bambu. Bangunan warung ini menempel pada sebuah biara, dengan bangunan yang terbuat dari bambu dan kayu. Warung Mbok Kami ini berada tepat di seberang terminal Ambarawa, tepatnya di jalan menuju Goa Maria Kerep.

Tempat makan yang satu ini terdengar sedikit unik. Entah mulai dari kapan dan siapa yang memulai  menyebut warung makan ini dengan nama ”Mbok Kami”. Nama ini sudah diturunkan dari tahun 80an, terutama oleh siswa-siswi di sekitar warung pecel ini. Mungkin nama ini muncul karena mereka sering memanggil penjualnya dengan sebutan ”Mbok” (Bu dalam Bahasa Jawa), yang dengan sabar memenuhi keinginan anak-anaknya.

Warung Mbok Kami ini mempunyai menu utama yaitu nasi pecel. Nasi pecel yang disajikan di sini sedikit berbeda. Di sini Anda dapat menikmati nasi pecel dengan campuran mi goreng, tahu isi yang dicuwil-cuwil (disobek kecil-kecil),  dan yang membuat pecel ini istimewa adalah pincuk (wadah dari daun pisang) yang dijadikan sebagai tempat untuk menghidangkan pecel. Cita rasa Pecel ini adalah pecel dengan rasa pedes dan manis yang berpadu. Rasa manis memang lebih dominan di pecel in karena pengaruh selera kuliner Jawa Tengah yang cenderung berasa manis. Begitu Anda mencampur sayuran, bumbu pecel, dan lauk-lauk yang ada, Anda akan menikmati cita rasa yang sangat unik dan lezat di pecel ini. Selain menikmati pecel, Anda juga dapat menikmati aneka gorengan tradisional dengan rasa yang juga nikmat seperti tahu isi, tempe goreng, pisang goreng, tape goreng/rondho royal, tempe bacem, atau tempe bacem.

Untuk minuman, Anda dapat menikmati es teh, es jeruk, kolak, dan kombinasi yang disajikan dengan cara berbeda. Jika Anda mencoba kombinasi, Anda akan menikmati kolak dengan tambahan ketan hitam yang gurih manis.

Semua makanan yang tersedia di sini, meskipun sangat sederhana tetapi kaya rasa. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat. Warung Mbok Kami menjadi tempat makan favorit bagi para pelajar di sekitar tempat ini maupun para peziarah yang melewati tempat ini.

Tags: