Pasar Kembang Bandungan

Pasar Bandungan sungguh menarik dikunjungi. Pasar ini sering diseebut Pasar Kembang Bandungan, ada pula yang menyebut Pasar Sayuran Bandungan, karena memang pasar ini merupakan sentra penjualan bunga-bunga potong dan sayur-mayur segar khas daerah lereng pegunungan.

Meski hanya sebuah pasar tradisional biasa, Pasar Bandungan sangat populer sebagai pasar wisata. Para pelancong yang berkunjung ke Bandungan, umumnya tidak melewatkan kesempatan untuk mampir berbelanja. Sayur-mayur yang dijual di pasar ini memang relatif murah dan masih terlihat sangat segar karena memang baru saja di panen oleh para petani disana.

Pasar Bandungan berada di kawasan wisata berhawa sejuk, berada di lereng gunung Ungaran dan Sumbing pada ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Bersebelahan dengan taman wisata “New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort” yang beralamat di Jl. Veteran No. 3 Bandungan, Kabupaten Semarang. Taman seluas sekitar 3 hektar ini dulu dikenal dengan nama Hotel PJKA kerena memang milik PT. Kereta Api Persero. Sekarang di kembangkang menjadi family resort yang menyediakan penginapan yang cukup representatif, dilengkapi dengan waterpark dan arena permainan anak beragam jenis.

Sejak subuh, pasar Bandungan telah ramai dengan aktifitas jual beli bunga potong. Bunga-bunga sedap malam, anyelir, krisan, mawar dan aneka warna bunga potong khas lereng pegunungan ditransaksikan mulai pagi buta di pasar ini. Mempertemukan antara petani bunga dengan pengepul dan tengkulak yang akan menjual kembali ke kota-kota besar di sekitarnya, seperti Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Selain bunga potong, di pasar ini juga akan menemukan deretan kios-kios pedagang tanaman hias yang terlihat segar, asri mempesona. Mereka berjajar di sisi kanan jalan setelah pasar menuju ke arah lokasi wisata Candi Gedong Songo. Aneka macam bunga anggrek, terutama phalenopsis dan dendrobium dipajang di sana. Harganya tidak jauh beda dengan harga di kota besar seperti Semarang.