Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo ini adalah sebuah candi yang berada di komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, kecamatan bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasi desa candi ini berada pada bukit pegunungan Ungaran yang terletak pada ketinggian 1200 DPL dengan suhu di lokasi yang berkisar antara 19 – 27 derajat Celcius. Jika para penelusur mau ke lokasi candi ini, lokasinya tidak terlalu sulit unutk di jangkau. Jika para penelusur dari pusat kota Semarang, maka hanya cukup menuju ke selatan ke Ungaran kemudian di lanjut ke Bandungan setelah itu sampailah di Gedong Songo. Perjalanan ini mungkin bisa menempuh waktu selama 1 jam. Jadi nggak lama-lama amat..

Untuk bisa mencapai ke Candi Gedong Songo, Para penelusur haru berhati-hati ya saat berkendara, di karenakan jalan kesini masih sempit dan berkelok-kelok. Apalagi setelah para penelusur masuki gapura komplek Candi Gedong Songo, jalan yang menanjak cukup tinggi telah menanti. Di harapakan pake gigi rendah aja, biar kuat nanjaknya..

Setelah sampai di lokasi puncak dari Candi Gedong Songo ini, para penelusur bakal di suguhi pemandangan pegunungan-pegunungan yang membentang luas.  Dan komplek candi ini juga di kelilingi deretan gunung-gunung seperti Gunung Merbabu, Gunung Temoloyo, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Dengan berbagai macam keindahan di sekitar komlek candi ini nggak akan bikin bosen para penelusur deh buat berlama-lama disini. Oh ya di lokasi ini juga terdapat sumber air panas yang lokasinya berada di Candi Gedong empat dan Candi Gedong tiga.

Dan sejarah mengenai Candi Gedong Songo ini dimulai pada tahun 1740 saat Sir Thomas Stamford Raffles menemukan komplek bagunan candi ini. Namun pada saat awal di ketemukan, komplek candi ini hanya ada 7 bangunan candi. Maka pada saat itu di namakan Candi Pitu. Pitu sendiri adalah sebuah angka dalam bahasa jawa yang berarti Tujuh.

Pada masa penjajahan para tentara Belanda di Semarang, Seorang arkeolog berkebangsaan Belanda bernama Van Stein Callenfels pada tahun 1908-1911 melakukan penelitian di lokasi komplek Candi Gedong Pitu (sekarang Candi Gedong Songo) dan pada saat itu, dia menemukan 2 bangunan candi lagi di komplek itu yang membuat juml;ah candi pada komplek itu bertambah menjadi sembilan candi. Dan pada saat itu juga, nama yang tandinya Candi Gedong Pitu berubah menjadi Candi Gedong Songo. Songo sendiri adalah sebuah angka dalam bahasa jawa yang berarti Sembilan.

Dan Pada saat pemerintahan Belanda di tahun 1928-1929, komplek wisata Candi Gedong Songo ini mengalami pemugaraan untuk pertama kalinya. Dan kemudian di tahun 1977-1983 komplek Candi Gedong Songo ini mengalaim pemugaraan untuk kedua kalinya yang di lakukan oleh pemerintah indonesia.

Tags: